Tips Bijak Bersosial Media Di Internet Yang Baik



Dunia sosial media sekarang ini sudah tidak bisa terbendung lagi, mengingat sekarang ini pengguna sosial media semakin lama semakin tinggi pengguna nya baik di facebook, twitter, intragram dan whatsapp. Dengan begitu bukan berarti kita bebas semau nya dalam unjuk kemampuan atau memposting sesuatu di media sosial sesuka kita. Mengingat sekarang ini banyak kasus-kasus akibat hal-hal yang spele berdampak patal bagi kita jika tidak bijak dalam menggunakan sosial media sekarang ini. Berbagai contoh saat ini banyak kasus    di akibat terlalu ceroboh dalam mengunakan media sosial sehingga banyak yang menghadapai pidana akibat melanggar undang undang teknologi seperti penghinaan dan pencemaran nama baik maupun menyebarkan berita Hoax. Maka dari itu kita harus bijak dalam menggunakan sosial media sekarang ini agar kita terhindar dari hal-hal yang merugikan diri kita sendiri maupun merugikan orang lain.


Dalam artikel kali ini saya akan membagikan beberapa tips cara bijak menggunakan sosial media di internet yang bisa kita lakukan antara lain yaitu seperti di bawah ini.

- Tulislah Sesuatu Yang di sosial media

Salah satu yang paling banyak di lakukan para pengguna media sosial adalah memposting tentang status tentang keadaan diri nya atau peristiwa tentang yang di alami diri nya dalam sehari -hari. Baik itu dalam bekarja ataupun kegiatan sehari yang dia lakukan. Sering kali pasti kita ungkapan melalui media sosial yang kita miliki. Sebelum kita memposting status di media sosial yang kita miliki sabaik nya kita pikirkan dulu apa dampak nya jika kita buat staus itu di media sosial jika di baca oleh teman ataupun orang lain yang ada di sosial media kita. Maka dari itu buat lah tulisan yang baik dan bijak dan tidak merugikan orang lain ketika memposting tulisan di sosial media baik itu di facebook, instgram,twitter dan lain nya di sosial media yang kita miliki.

- Jangan menshare Berita bohong atau hoax di sosial media

Di jaman sekarang ini dengan ada nya sosial media kita begitu mudah mendapatkan berita dengan begitu cepat di media sosial. Dengan ada nya sosial media kita bisa menbaca atau mengetahui peristiwa apa yang terjadi hanya di sosial media. Namun kita harus bisa membedahkan mana berita hoax dan mana berita yang asli sehingga kita tidak terjebak ke dalam berita bohong yang berdampak bagi kita maupun orang lain. Jika kita menjumpai ada berita jangan langsung kita share atau kita bagikan di sosial media kita terlebih dulu. Ada baik nya kita baca terlebih dulu dan kita lihat dulu sumber berita nya dari mana sumber nya. Sehingga kita tidak terjebak kedalam berita hoax yang bisa merugikan kita maupun orang lain.

- Jangan Menghujat Atau menghina

Gunakan akal dalam menggunakan sosial media dam jangan terlalu cepat emosi dan terpacing dengan hal ahl yang spele bisa berdampak patal bagi kita. Dalam menggunakan media sosial kita harus bijak dalam membagikan atau memposting sesuatu di media sosial. Buatlah sesuatu yang bermampaat di sosial media seperti berbagi pengalaman atau berbagi ilmu di sosial media kita. Dan jangan kita menghujat atau menghina seseorang melalui media sosial yangbbisa membuat orang bisa tersinggung.

Nah itu beberapa tips dari saya tentang cara bijak bersosial media agar kita selalu aman ketika menggunakan media sosial sekarang ini. Yang paling harus kita ingat dalam menggunakan sosial media adalah bijak dan berpikir sebelum melakukan sesuatu di sosial media yang kita miliki. Semoga artikel ini bermampaat bagi kita semua jika ada kekurangan dalam artikel ini saya mohon maaf.


0 Response to "Tips Bijak Bersosial Media Di Internet Yang Baik"

Post a Comment